Jawa Timur Diperkirakan Akan Krisis Guru Agama - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Jawa Timur Diperkirakan Akan Krisis Guru Agama

Dok. Edu

Edu –Saifullah Yusuf selaku wakil gubernur Jawa Timur mengatakan keberadaan guru di wilayah Jawa Timur akan mengalami krisis. Sepuluh tahun yang lalu jumlah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Jatim sekitar 35 ribu, sekarang diperkirakan tinggal 27 ribu, dan diperkiraan sepuluh tahun lagi tinggal 15 ribu. Ucap laki-laki yang kerap di sapa Gus Ipul pada Kongres Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) pada 12/02/2017 di Gedung JATIM Expo.

Gus Ipul menambahkan, jumlah guru 27 ribu yang bersertifikasi, sedangkan 17 ribu lebih belum disertifikasi. Katanya, jika belum ada tindakan dari Menteri Agama RI untuk membuka sertifikasi guru kembali untuk guru-guru agama Islam, maka krisis guru akan berkelanjutan.

Kepala Sub Direktorat PAI, Unang Rahmat mengatakan, Indonesia sedang krisis guru PAI. Hal ini tidak hanya di Jawa Timur, Jatim hanya salah satu wilayah yang dijadikan barometer, “pertumbuhan guru agama saat ini zero grow, pertumbuhan nol, malah minus grow,” ujarnya saat di wawancarai.

Menurutnya ada banyak penyebab akan problem ini, antara lain banyaknya guru yang pensiun, guru alih profesi, mungkin jadi pengawas ataupun guru yang meninggal, kondisi ini tidak sebanding dengan guru yang diangkat,” kata Unang Rahmat.  

Unang Rahmat menambahkan, ketika jumlah guru PAI menurun dikhawatirkan akan memengaruhi kualitas mutu pendidikan. Dengan jumlah yang cukup saja belum tentu menjamin mutu pembelajaran PAI, apalagi jika jumlah menurun.

Oleh karenanya, hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata, Menteri Agama RI sudah memberi surat kepada beberapa pihak, seperti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), agar persoalan ini dijadikan persoalan nasional. Terang Unang Rahmat.
(AA/Nkm)  

Tidak ada komentar