Seminar Internasional UPBA: Optimalkan Peran Aktif Mahasiswa dalam Pengembangan Bahasa - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Seminar Internasional UPBA: Optimalkan Peran Aktif Mahasiswa dalam Pengembangan Bahasa

 

Dok. Edu | Faticha

Edukasipers.org - Kamis (22/06/2023) Unit Pengembangan Bahasa Asing (UPBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) selenggarakan Seminar Internasional dalam rangka Dies Natalis di Gedung Auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Ketua Pelaksana acara yang didampingi Ketua Umum UPBA beberkan beberapa hal mengenai kegiatan ini kepada Kru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi.

Dari tema “Language and Education: Optimizing The Role of Youth as Agent in Digital Transformation Era” Nabil Alaik Nashrullah sampaikan language adalah ciri khas UPBA, sedangkan education dipandang menjadi peluang untuk mengangkat personal branding. Berangkat dari dua kata penting tersebut dia uraikan gagasannya mengenai peran mahasiswa. 

Sebagai mahasiswa kita mencoba peran-peran yang kita bisa ke depannya untuk pendidikan bahasa kita,” ujar Ketua Pelaksana

Mendukung pernyataan Nabil, Khana Nur Aqil Hardiono, Ketua Umum UPBA sampaikan bahwa tema seminar ini mengajak mahasiswa berperan aktif dalam era digital.

“Memang kita ambil 2 tema besar yaitu language dan education. Kita menyambungkan dengan era sekarang yang mana digital era jadi sebenarnya kita berusaha untuk mengoptimalkan peran mahasiswa untuk memaksimalkan peran kita dalam pendidikan bahasa,” jelas mahasiswa semester 6 tersebut.

Sempat dilakukan online di masa pandemi, Nabil ungkap hal ini menjadi tantangan untuk improve bagi Panitia Dies Natalis UPBA 2023.

Ini acara besar UPBA setelah sebelum-sebelumnya diadakan secara online makanya kita butuh improve diri untuk mempersiapkannya.” 

Khana tambahkan koordinasi antar panitia cukup menjadi kendala saat persiapan acara.

Jadi untuk kendala lain adalah koordinasi panitia. Jadi kita ini kan panitianya satu UINSA meskipun kami UKM fakultas, jadi panitia dari 2 kampus, jadi itu yang menjadi kesulitan, tapi alhamdulillah seminarnya bisa berjalan dengan lancar,” terangnya pada Kru LPM Edukasi.

Kendati demikian, Nabil berharap seminar ini dapat membawa kebaikan untuk pesertanya.

Harapannya itu bisa membawa kita untuk berbaur di lingkungan internasional, terutama seperti barusan dari pemateri sudah kita sebutkan bagaimana pendidikan, bagaimana prospek ke depan,” tutup mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional tersebut.

 

(FU)(MN)

Tidak ada komentar