Surat Tanpa Kop, Resahkan Mahasiswa - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Surat Tanpa Kop, Resahkan Mahasiswa

Dok. Surat yang beredar dari grup Whatsaap


EDU –Sejak di keluarkan Surat Edaran tentang Penataan Lokasi Parkir mobil dan sepeda motor di sekitar gedung-gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang beredar melalui grup Whatsaap, mendapatkan beberapa tanggapan dari beberapa mahasiswa.


Nuril mahasiswa semester 7 Program Study (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) kurang percaya akan beredarannya surat tersebut. Ia pun mengungkapkan, “surat yang beredar itu kurang resmi, karena biasanya surat resmi harus ada kop surat dan nama terang,” tutur dia. 

Surat yang beredar tidak ada kop surat, nama terang dan stempel atau tanda pengenal dari Fakultas. Apalagi status Fakultas Tarbiyah sudah mendapatkan sertifikat  ISO 9001:2008 (liputan Bulletin EdoPost, 15/12/2016) yang biasanya dalam adminitrasi persuratan menyertakan label ISO.

Hal serupa juga diungkapkan Ilham Maulana, Prodi Pendidikan Matematika (PMT) semester satu menuturkan, “susunan surat itu harus ada kop, supaya surat tersebut formal dan sebagai tanda di keluarkannya oleh pihak yang mengeluarkan,” ujarnya saat diwawancarai.

Banyak mahasiswa yang mempertanyakan keaslian edaran surat, pihak Fakultas tak mempermasalahkan surat yang dikeluarkan tanpa kop tersebut.  Hal ini diungkapkan oleh Dekan FTK, Ali Mudlofir, “surat itu hasil rapat mendadak, tidak penting (kop, nama terang dan stempel),” jelasnya.

Adanya simpang siur terkait edaran surat tersebut, Crew Edukasi mengklarifikasi kepada pihak Birokrat yang akhirnya mendapat jawaban dari Farichah, Kepala Bagian Biro Umum Tata Usaha FTK. Ia  memberikan jawaban, “surat yang beredar terkait penataan lokasi parkir dan mobil hanya himbaun merapikan saja, dan kami membuatnya mendadak. Jumat sore diputusan, hari Senin harus menyebar lantaran intensif bahasa masuk pagi,” terangnya saat ditemui di ruang Kabag.  

Namun sebagian mahasiswa FTK mempercayai surat edaran tersebut, karena melihat kondisi parkiran pada hari Senin, 27/11/2017 sesuai dengan isi surat yang di keluarkan FTK. Sebagaimana hasil wawancara Crew Edukasi, “pertama kali melihat surat tersebut hanya lembaran biasa, tetapi karena pernyataan itu benar kami menerima,” ungkapan Lailatul Rohma Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) semester lima.

Ia juga berpesan jika pemberitahuan hendaknya dilengkapi identitas Fakultas supaya tidak terkesan hoax. “Kepada yang membuat surat haruslah melengkapi menyesuikan sistematika penulisan (penulisan surat),” pungkasnya.

Dalam kejadian ini Farichah menegasakan bahwa surat tanpa kop yang beredar benar-benar surat yang di keluarkan oleh pihak Fakultas Tarbiyah. Ia pun berjanji akan memperbaikinya. Kami akan memperbaiki lagi, tetapi surat tersebut benar hasil rapat kordinasi pimpinan Tarbiyah,” pungkas Farichah.
(AA/Mcs)



Tidak ada komentar