Olience 2023: Perdana untuk Branding PIPA - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Olience 2023: Perdana untuk Branding PIPA

Dok. Edu | Shelly

Edukasipers.orgSelasa (14/03/2023) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMAPIPA) adakan lomba Olimpiade Science (Olience) di Auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Rudat Ilaina Alwanda ungkap Olience yang terselenggara untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) se-Jawa Timur dilaksanakan perdana tahun ini.


“(Olience, red) ini perdana. Lombanya untuk tingkat SMP, soalnya kan biasanya mata pelajaran IPA (ilmu pengetahuan alam, red) itu di SMP, kalo di SMA (sekolah menengah pertama, red) itu kan udah dispesifikkan gitu, fisika, kimia, biologi, jadi lombanya tingkat SMP,” jelas ketua pelaksana. 


Kegiatan ini terdiri atas tiga babak dengan praktikum per kelompok sebagai final lomba.


"Kemarin babak penyisihannya itu online ngerjain soal, terus yang semifinal sama final itu offline. Untuk yang semifinal itu ngerjain paper kayak biasanya, terus untuk yang final ini pratikum," terang mahasiswi semester empat tersebut. 


Dia paparkan motivasi utama dicetuskannya perlombaan ini untuk branding program studi (prodi).


“Prodi PIPA (pendidikan ilmu pengetahuan alam, red) itu kan baru ya, tahun 2018, jadi kita ingin buat branding prodi juga. Kan masih baru, jadi memperkenalkan bahwa prodi PIPA di UINSA itu ada,” terangnya.


Dalam pelaksanaannya, mahasiswi yang akrab dipanggil Wanda sebut peserta belum memenuhi target.


“Kan ini perdana, jadi pesertanya gak banyak-banyak amat, hanya 43. Untuk targetnya sendiri kira-kira 40-an itu separuh dari targetnya, kalau tahun depan ada lagi bisa ditingkatkan pesertanya,” lanjutnya.


Sebagai ketua pelaksana, ia sampaikan harapannya terkait pelaksanaan olimpiade.


“Semoga bisa membawa PIPA lebih baik dan bisa memotivasi siswa SMP untuk mengasah kemampuannya untuk mengikuti lomba-lomba,” tutupnya.


(BU) (UR)


Tidak ada komentar