Dekan FTK: Urgensi Organisasi Bentuk Karakter Mahasiswa - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Dekan FTK: Urgensi Organisasi Bentuk Karakter Mahasiswa

 

Dok. Edu | Sabrilian


Edukasipers.org Kamis (23/02/2023) Panitia Pelantikan Raya dan Stadium General Fakultas tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) selenggarakan Pelantikan Raya dan Stadium General di Auditorium UINSA. 

Pada acara tersebut, Muhammad Thohir selaku Dekan FTK sampaikan pentingnya organisasi untuk menanamkan karakter mahasiswa.

"Karakter tidak bisa diperoleh hanya mengandalkan bangku kuliah. Karakter hanya bisa didapat jika kita berkolaborasi satu sama lain. Oleh karena itu, kita perlu organisasi untuk mengatur itu semua," ungkapnya.

Dia tegaskan organisasi bukanlah sebuah tempat untuk berkeluh kesah. Organisasi adalah sebuah wadah untuk mengembangkan potensi diri. Sebagai civitas akademica FTK, sudah sepatutnya mahasiswa berorganisasi untuk mengasah mental, intelektual, serta spiritual.

"Bukan untuk berkeluh kesah. Maka kita sebagai bagian dari civitas akademica di fakultas tercinta, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, menjadikan fakultas sebagai kawah untuk menggembleng metal, intelektual, spiritual," terangnya.

Menurut pria kelahiran 1974 tersebut mahasiswa dengan peran yang nyata adalah penentu masa depan bangsa.

"Masa depan kita, masa depan fakultas, masa depan bangsa dan negara sangat ditentukan oleh mahasiswa kita hari ini. Oleh karena itu saya berharap bawa SEMA (Senat Mahasiswa, red), DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa, red), HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi, red), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa, red) bukan hanya semata-mata menjadi udara kosong," tutur Dekan FTK tersebut.

Dengan adanya pelantikan ini, pria kelahiran Sampang itu berpesan agar wajah-wajah baru di organisasi bisa terus bersinergi untuk menebar kemanfaatan. Organisasi kemahasiswaan harus bisa memberi kemaslahatan bagi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ke depannya.

"Setelah itu ada maka semua yang ada di dalamnya, mulai dari pengendali, driver, penumpangnya harus bisa memberikan manfaat. Harus bisa memberikan kemaslahatan," pungkasnya.

 

(DD)

Tidak ada komentar