Putri Sulung Gus Dur: Guru Besar Jangan Terpenjara dengan Gelar Baru - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Putri Sulung Gus Dur: Guru Besar Jangan Terpenjara dengan Gelar Baru

 


Dok. Edu | Rachmad

Edukasipers.org – Kamis (10/02/2022) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya adakan pengukuhan Guru Besar baru di Gedung Sport Center and Multipurpose UINSA Surabaya.

Tercatat 77 Guru Besar telah dikukuhkan UINSA Surabaya. Mereka yang dikukuhkan adalah Wiwik Setiyani (Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Agama), Rubaidi (Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf), Ahmad Zainul Hamdi (Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Agama), dan Syamsul Huda (Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Peradaban Islam).

Acara tersebut dihadiri Alissa Qotrunnada Wahid, putri Presiden Republik Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid. Dalam pidatonya, Alissa sampaikan, Guru Besar agama Islam sangat dinanti kedalaman dan keluasan ilmunya. 

“Menjadi Guru Besar bidang agama Islam, kita tahu peran umat Islam di Indonesia ini sangat signifikan. Relasi agama dengan kehidupan masyarakat, relasi agama dengan negara selalu menjadi dinamika.”

“Maka kehadiran para guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya dengan kedalaman dan keluasan ilmunya serta darma baktinya sangat dinanti untuk mewarnai bahkan membentuk kehidupan sosial keagamaan kita”, Jelas wanita kelahiran Jombang tersebut.

Menurutnya, profesor berkualitas mengerti keadaan masyarakat secara nyata dibanding yang tak acuh pada sekitar.  

“Seorang profesor yang berangkat dari realita dan hidup dalam masyarakat akan sangat berbeda dengan profesor yang hidup di menara  gading”, Imbuhnya.

Aktivis Gusdurian Nasional itu berharap guru besar yang dikukuhkan berikan pengaruh positif kepada masyarakat.

“Semoga para guru besar yang hari ini dikukuhkan tidak terpenjara dengan gelar barunya, namun justru mengajarkan pada kita bagaimana membawa ilmu sebagai kekuatan perubahan dalam masyarakat”, pungkasnya.


(RR/RH)

Tidak ada komentar