Guru Besar FTK tentang Alasan Angkat Tajuk Tasawuf - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

Guru Besar FTK tentang Alasan Angkat Tajuk Tasawuf

 

Dok. Edu | Rachmad

Edukasipers.org – Kamis (10/02/22), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya adakan pengukuhan Guru Besar baru di Gedung Sport Center and Multipurpose UINSA Surabaya.

Rubaidi, Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, ungkap alasan angkat Ilmu Tasawuf sebagai tajuk penelitian angka kredit sebagai profesor. Ia sebut dorongan guru pendahulu untuk rekonstruksi keilmuan Islam hingga ke akar jadi dasar alamiah tema.

“Itu alamiah. Karena memang saya kadung meneliti dan terlibat dalam majelis shalawat. Kemudian Saya ditarik guru Saya untuk menulis dan merekonstruksi sejarah keilmuan Islam di dalamnya. Bagaimana pemikirannya? Sanad keilmuannya? Siapa guru-guru terdahulunya?” jelas Dosen Pendidikan Agama Islam tersebut.

Ia sampaikan poin-poin bahasan hasil penelitian, terangkum dalam bukunya Sufisme Perkotaan dan The New Pseudo Sufi Order.

“Buku yang tebal tadi bicara tentang konteks sejarah (para sufi), bagaimana pendidikannya? Gaya hidup seharusnya seperti apa? Bagaimana pemikirannya?” Imbuhnya siang itu.

Menurutnya, kajian Ilmu Tasawuf seharusnya berkaitan lekat dengan profil mahasiswa FTK karena mencakup inti pendidikan manusia.

“Seharusnya ada hubungannya. Karena sesungguhnya yang saya kaji itu tentang Islam yang original, perilaku rasul, dan pedoman kita lainnya. Semua itu sangat terkait dengan pendidikan. Intinya semua kajian tasawuf itu berhubungan dengan ahlak mulia, budi pekerti, pendidikan manusia, kan intinya itu saja.” Tutupnya.

 

(TS)

Tidak ada komentar