PBAK Online UINSA, Muhammad Ali: Gerbang Terbaik untuk Mahasiswa 4.0 - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

PBAK Online UINSA, Muhammad Ali: Gerbang Terbaik untuk Mahasiswa 4.0

Dok Edu | UINSA Official

Edukasipers.org – Surabaya, Kamis (02/09/2021). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) gelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Rangkaian kegiatan diikuti mahasiswa baru dilaksanakan virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Stream Youtube. 

Pada kesempatan ini, Muhamad Ali Ramadhani, Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) turut hadir dalam pembukaan PBAK UINSA. Ia mengatakan, menjadi mahasiswa saat ini harus mampu membaur dengan teknologi. Sebab, teknologi di era industri 4.0 ini berkembang kian pesat.

"Mahasiswa harus bisa beradaptasi terutama dalam kemungkinan mesin menggantikan pekerjaan lulusan perguruan tinggi. Mahasiswa harus dididik dengan pengetahuan dan keterampilan yang belum bisa dilakukan oleh mesin atau kecerdasan buatan," terang Muhammad Ali.

Untuk itu, mahasiswa harus memiliki kompetensi memadai di perguruan tinggi. Termasuk di Perguruan Tinggi Keislaman Indonesia (PTKI). 

Pegawai Kemenag itu mengatakan, "Berbagai kemampuan yang harus dimiliki di antaranya adalah complex problem solving, mengerjakan masalah yang asing belum diketahui solusinya di dunia nyata. Social Skill, kemampuan untuk melakukan koordinasi, negoisasi, persuasi, mentoring, dan kepekaan dalam memberikan bantuan."

Muhamad Ali berharap mahasiswa menjadi penggerak masyarakat. Melalui kontribusi nyata sebagai pilar perubahan di era industri 4.0. Untuk mencapai itu, Muhamad Ali berpesan kepada mahasiswa baru untuk mengikuti PBAK dengan baik.

"Ikuti kegiatan PBAK ini dengan baik dan menyenangkan. Percayalah PBAK menjadi gerbang terbaik mahasiswa untuk mengkaji berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) industri 4.0." pungkasnya.

(DD)

Tidak ada komentar