UINSA Gelar Wisuda Online, Sejarah Pertama Kali Selama 55 Tahun - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

UINSA Gelar Wisuda Online, Sejarah Pertama Kali Selama 55 Tahun

 

Dok.edu|dakwahtv

Edukasipers.org – Surabaya (08/09). Pertama kalinya UIN Sunan Ampel Surabaya adakan prosesi wisuda dalam jaringan (daring). Sebanyak 774 mahasiswa telah diwisuda oleh rektor UINSA Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. melalui aplikasi Zoom pada Selasa pagi.

Wisuda ke-91 UINSA kali ini merupakan pertama kali selama kurun waktu 55 tahun sejak UINSA didirikan pada 1965. Wakil dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Saiful Jazil, menuturkan bahwa dari sisi gebyar, kemeriahan, serta kepuasan amahasiswa sangat berbeda dengan tahun lalu karena perbedaannya terletak pada daring dan luring.

“Diantara keluhan mahasiswa kan karena ini momen seumur hidup sekali ya, yang sudah menunggu lama 4 tahun, ada yang 5 tahun bahkan ada yang sampai 6 tahun. Eee tiba-tiba tidak punya kenangan yang indah.” Tuturnya kepada crew edukasipers.org melalui panggilan WhatsApp.

Di sisi lain, dosen sekaligus pengajar pada salah satu pondok di Wonocolo itu menambahkan bahwa kondisi tersebut dilakukan demi keselamatan bersama sehingga pemerintah membatasi dan melarang kerumunan banyak orang. Pihaknya menambahkan, pada rencana awal wisudawan terbaik sebagai perwakilan untuk tatap muka langsung dan sisanya melalui daring. Pada kenyataannya, mahasiswa yang lain protes mengapa hanya yang terbaik saja. Sehingga wisuda tetap harus dilakukan dalam rangka pengukuhan proses akademik yang harus terlaksana, maka dengan sangat terpaksa dilakukan secara daring, setelah itu ijazah sudah dapat dibagikan.

“Nah, kesannya ya kurang meriah. Kemudian yang kedua tidak memuaskan semua pihak. Pesannya semoga ini diterima dengan lapang dada dan menerima sebagai sebuah takdir yang sudah digariskan oleh Allah dalam rangka menjaga keselamatan bersama sehingga wisuda tahun ini dilaksanakan seperti ini (daring, red.) begitu.” Pungkasnya. (SA)

Tidak ada komentar