UINSA, PTKIN Pertama se-Indonesia yang Adakan KKN DR - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

UINSA, PTKIN Pertama se-Indonesia yang Adakan KKN DR

Dok.Edu|Instagram KKN UINSA 11 Dorogowok 2020

Edukasipers.org- Surabaya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Ampel Surabaya menetapkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020 gelombang kedua berbasis KKN DR (Dari Rumah). Keputusan tersebut diperoleh dari hasil rapat LP2M se-Indonesia dengan Kemenag pusat.

Rapat tersebut menghasilkan konsep-konsep umum dan aturan umum yang diwujudkan dalam bentuk Surat Edaran (SE) Direktur DIKTIS Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B 713/DJ.I/Dt.I.III/TL.00/04/2020 tanggal 3 April 2020, terkait pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat pada masa wabah Covid-19.

Rubaidi selaku kepala pusat LP2M UINSA mengungkapkan di tengah pandemi seluruh perguruan tinggi se-Indonesia tidak boleh melaksanakan KKN reguler seperti tahun-tahun sebelumnya karena memang aturan mainnya seperti itu. Pihaknya menyebutkan UINSA adalah PTKIN yang pertama kali menerapkan KKN DR di seluruh PTKIN se-Indonesia.

“Sejauh ini kita sudah mencoba memikirkan sebuah konsep yang paling visibel untuk bisa diadaptasi dan dipraktekkan oleh mahasiswa. Ini yang harus anda tau bahwa UIN kita ini nanti adalah UIN yang pertama kali menerapkan KKN DR itu tadi, di seluruh PTKIN se-Indonesia. Jadi sampean yang harus disadari bahwa semua PTKIN se-Indonesia itu belum melaksanakan konsep ini, kita ini di Surabaya yang baru pertama kali.” Tutur Rubaidi saat diwawancarai crew edukasipers.org via panggilan WhatsApp Jumat (29/05).

Rubaidi menambahi sejauh ini pihaknya dan tim LP2M sudah menyiapkan konsep yang sudah dianalisis dan dikonseptualisasikan sebaik mungkin dengan mengacu pada masukan-masukan dari pusat (Kemenag, red).

Menurut Surat Edaran Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Nomor 393 Tahun 2020 tentang tindakan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan UINSA, KKN dilaksanakan pada 15 Juni hingga 30 Juli. Adapun dilansir dari jurnalposmedia.com, UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan melaksanakan KKN DR pada 25 Juli hingga 31 Agustus 2020. Pelaksanaan KKN DR UINSA lebih awal dibanding UIN Bandung. (SA)

Tidak ada komentar