PBA UINSA Gelar Semarak Lomba Bahasa Arab Se Jawa-Bali - EDUKASIPERS.ORG

Breaking News

PBA UINSA Gelar Semarak Lomba Bahasa Arab Se Jawa-Bali

Dok.Edu | Iffa

Edukasipers.org - Sabtu (28/9) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar agenda tahunan mereka yakni Festival Araby yang bertajuk “Eksplorasi Skill Bahasa Arab dalam Membangun Peradaban Intelektual di Era Revolusi Industri 4.0”. Event tahunan yang diadakan di UIN Sunan Ampel ini berisi serangkaian kompetisi bahasa Arab dengan tiga kategori, meliputi tingkat Mts/SMP-sederajat, MA/SMA-sederajat dan tingkat Mahasiswa/Umum berskala wilayah Jawa Bali.

Ada delapan lomba yang dipertandingkan, yaitu lomba Imatoh (Cerdas Cermat), Khitobah (Pidato), Taqdimul Qishoh (Bercerita), Kaligrafi, Qiraatus Syi’ir (Baca Puisi), Ghina Araby (Menyanyi Lagu Arab), Qiraatul Kitab (Baca Kitab) dan Munadharah Ilmiah (Debat Imiah).

Bertempat di Gedung Auditorium UINSA, Festival Araby 2019 resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Saiful Jazil. Yang selanjutnya dilaksanakan di gedung FTK dan E1 untuk pelaksanaan kompetisi.

Dok.Edu | Iffa
Pak Jazil, sapaan akrab dari Saiful Jazil, menegaskan bahwa bahasa Arab sangat penting untuk dipelajari. “Bahasa Arab itu penting, bahkan sangat penting. Karna sekarang (bahasa Arab) bukan lagi bahasa negara itu sendiri, tapi sudah bahasa Internasional dan juga tidak hanya bahasa dunia, melainkan (bahasa) akhirat”, ungkapnya pada saat memberikan sambutan.


Di samping itu, ia juga merasa bangga dengan acara Festival Araby tahun ini. “Ajang kompetisi yang sangat bagus dan patut diapresiasi dengan jumlah peserta 700 sekian bahkan hampir seribu, semoga bisa memberi manfaat bagi peserta, panitia, dan semuanya”, imbuhnya di hadapan ratusan peserta yang hadir.

Agil Fahmi At Taufiqi, salah satu peserta yang berasal dari Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo mengaku senang bisa mengikuti event PBA tahun ini. “Seneng lah, bisa silaturahmi dengan banyak instansi dan berbagi pengalaman dengan mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan istiqomahnya acara Festival Araby (FA) setiap tahunnya, diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan kemampuan bahasa Arab siswa, berkumpulnya intelektual dan  pecinta bahasa Arab serta memberikan sumbangsih terhadap eksistensi bahasa Arab di Indonesia. (uni/khu)

Tidak ada komentar